cover
Contact Name
Joy Elly Tulung
Contact Email
Joy Elly Tulung
Phone
-
Journal Mail Official
joy.tulung@unsrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)
ISSN : 23563966     EISSN : 26212331     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 3" : 24 Documents clear
STUDI KELAYAKAN BISNIS RESTAURAN DESSERT Mahardika, Aditya
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 3 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i3.35800

Abstract

Abstract:    Dessert Restaurant is a company engaged in the food industry, which is located in Semarang, Central Java. The dessert company is also a fairly new company because the food produced is a kind of wet cake but many people like it. The purpose of this research is to examine the condition of an internal and external aspect of a dessert restaurant to carry out business expansion which includes social, economic, legal, operational, management, and then analyze the existing business environment in this company. The method used in this research is descriptive method. The technique used in collecting data is the method of observation and financial research to the company. The results obtained from this study are knowing that the company is feasible to do business which can be seen from the financial aspect with various suggestions in order to know the initial expansion will plan to do the business.Abstrak:  Restauran Dessert ialah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan, yang berada di lokasi Semarang, Jawa Tengah. Perusahaan dessert juga termasuk perusahaan yang cukup baru dikarenakan makanan yang diproduksi sejenis kueh basah akan tetapi banyak yang menyukainya. Tujuan dengan adanya penelitian ini ialah untuk meneliti suatu keadaan aspek internal serta eksternal restauran dessert untuk melaksanakan ekspansi bisnis yang meliputi sosial, ekonomi, hukum, operasional, manajemen serta pemasaran lingkungan industri kemudian menganalisis akan kelayakan bisnis yang ada pada perusahaan ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah dengan metode Observasi serta penelitian financial kepada pihak perusahaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah mengetahui bahwa perusahaan telah layak untuk melakukan ekspansi bisnis yang bisa dilihat dari aspek keuangan dengan berbagai saran supaya mengetahui perihal akan sebuah perencanaan melakukan ekspansi bisnis tersebut.
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KEMBALI CAT DULUX DI DEPO KERAMIK KATAPANG BANDUNG Ardian, Rian; Sudrartono, Tiris
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 3 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i3.35854

Abstract

Bauran promosi merupakan salah satu bagian dari bauran pemasaran. Bauran promosi adalah cara yang di tempuh oleh perusahaan dalam usaha memberi informasi tentang produk atau jasa. Minat beli kembali akan muncul Ketika konsumen merasakan adanya kepuasan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi cat Dulux Bandung, untuk mengetahui minat beli kembali cat Dulux dan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap minat beli kembali cat Dulux pada Depo Keramik Katapang. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 70 responden. Teknik analisis yang digunakan dengan melakukan uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan Bauran promosi secara keseluruhan cukup baik dan minat beli kembali dinilai cukup tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh bauran promosi terhadap minat beli kembali cat Dulux pada Depo Keramik KatapangKata kunci : bauran promosi, minat beli kembali, cat dulux ABSTRACT Promotional mix is one part of the marketing mix. Promotional mix is the method taken by the company in an effort to provide information about products or services. Repurchase interest will appear when consumers feel the expected satisfaction. This study aims to determine the promotion mix of Dulux paint in Bandung, to determine interest in repurchasing Dulux paint and to determine the effect of the promotional mix on interest in repurchasing Dulux paint at the Katapang Ceramic Depot. The research method used is descriptive quantitative with data collection techniques through questionnaires. The number of samples used as many as 70 respondents. The analytical technique used is simple linear regression test, coefficient of determination test and hypothesis testing. The results show that the overall promotion mix is quite good and repurchase interest is considered quite high. The results of the hypothesis test show that there is an effect of the promotion mix on the interest in repurchasing Dulux paint at the Katapang Ceramic Depot  Keywords: promotion mix, repurchase interest, Dulux paint
PENGARUH HUTANG JANGKA PENDEK DAN HUTANG JANGKA PANJANG TERHADAP PROFITABILITAS Hartati, Leni; Marsoem, Bambang Santoso
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 3 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i3.35718

Abstract

Abstract: Financial ratio analysis is an activity to analyze financial statements by comparing one account with other accounts in the financial statements, the comparison can be between accounts in the balance sheet financial statements and profit and loss. The purpose of this research is to study the effect of short-term debt and long-term debt on return on equity (ROE). This study uses three indicators, namely the ratio of short-term debt and long-term debt ratio, to see the effect on profitability as measured by using return on equity. This study uses the sample of this research is the basic chemical industry sector which is listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2015 - 2020. The sample that can be observed is 42 units during the six years of the study. The sampling method used is purposive sampling. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the variable short-term debt has a positive and significant effect on profitability, this can be seen with a significance level with a value of 0.039 <0.05. Long-term debt variable has a negative and insignificant effect on profitability, this is also seen with a significance level with a value of 0.753> 0.05.Abstrak: Analisis rasio keuangan adalah suatu kegiatan untuk menganalisis laporan keuangan dengan cara membandingkan satu akun dengan akun-akun lain dalam laporan keuangan, perbandingan tersebut dapat antara akun-akun dalam laporan keuangan neraca dan laba rugi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang terhadap return on equity (ROE). Penelitian ini menggunakan tiga indikator yaitu rasio utang jangka pendek dan rasio utang jangka panjang, untuk melihat pengaruhnya terhadap profitabilitas yang diukur dengan menggunakan return on equity. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian ini adalah sektor industri kimia dasar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015 - 2020. Sampel yang dapat diamati adalah 42 unit selama enam tahun penelitian. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel hutang jangka pendek berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, hal ini dapat dilihat dengan tingkat signifikansi dengan nilai 0,039 < 0,05. Variabel hutang jangka panjang berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, hal ini juga terlihat dengan tingkat signifikansi dengan nilai 0,753 > 0,05.
Pengaruh insentif finansial, insentif nonfinansial, dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon Palendeng, Frankly Oktavian; Bernarto, Innocentius
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 3 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i3.35796

Abstract

Abstract:  The objectives of this study were to 1) analyze and test the effect of financial incentives on job satisfaction, 2) analyze and test the effect of non-financial incentives on job satisfaction, 3) analyze and test the effect of work motivation on job satisfaction, 4) analyze and test the effect of financial incentives on work motivation, 5) analyze and test the effect of non-financial incentives on work motivation. Data collection was done on 141 nurses at Gunung Maria Hospital Tomohon with saturated sampling method/census technique, using questionnaires. The tool used to analyze the partial least square – structural equation modeling (PLS-SEM) is the SmartPLS version 3.3.3 program. This study found that financial incentives as well as non-financial incentives have a positive effect on work motivation and job satisfaction. Meanwhile, work motivation has a positive effect on job satisfaction..Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis dan menguji pengaruh insentif finansial terhadap kepuasan kerja, 2) menganalisis dan menguji pengaruh insentif non finansial terhadap kepuasan kerja, 3) menganalisis dan menguji pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan, 4) menganalisis dan menguji pengaruh insentif finansial terhadap motivasi kerja, 5) menganalisis dan menguji pengaruh insentif non finansial terhadap motivasi kerja. Pengumpulan data dilakukan kepada 141 perawat Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon dengan teknik penarikan sampel jenuh/sensus, dengan menggunakan kuesioner. Alat yang digunakan untuk menganalisis partial least square – structural equation modeling (PLS-SEM) adalah program SmartPLS versi 3.3.3. Penelitian ini mendapatkan bahwa insentif finansial dan insentif non finansial memiliki pengaruh positif terhadap motivasi dan kepuasan kerja. Sementara itu, motivasi kerja juga memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja.
THE EFFECT OF THE BOARDS DIRECTORS AND WOMEN AUDIT COMMITTEE ON EARNINGS MANAGEMENT Tang, Sukiantono; Suwarsini, Lili
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 3 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i3.35668

Abstract

Abstract:  This research was conducted with the aim of examining the effect of the size of the board of directors, presence of female board of directors, female affiliate board of directors, audit committee, and female audit committee on earnings management in companies listed on the Indonesia Stock Exchange. This study uses a quantitative method by analyzing 324 companies listed on the IDX in 2015 – 2019 as a sample through purposive sampling-based sample selection. The test is done by panel data regression test with SPSS 25 and EViews 9 applications. The test was conducted using the multiple regression panel data method with a random effect model. The results of this study indicate that the size of the board of directors, female directors, female independent directors, and female affiliate directors have no significant effect on earnings management. However, the audit committee has a significant negative effect on earnings management, while female audit committee members have a significant positive effect on earnings management.Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh ukuran direksi, keberadaan dewan direksi perempuan, dewan direksi perempuan yang terafiliasi, ukuran komite audit, dan komite audit perempuan terhadap manajemen laba pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengujian dilakukan dengan uji regresi data panel dengan program SPSS dan Eviews. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisa 324 perusahaan yang terdaftar di IDX pada tahun 2015 – 2019 sebagai sampel, dimana sampel dipilih berdasarkan purposive sampling. Pengujian dilakukan dengan dengan menggunakan metode data panel regresiberganda dengan model random effect. Hasil penelitian ini menunjukkan ukuran direksi, direktur perempuan, direktur independen perempuan, dan direktur perempuan terafiliasi tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan ukuran komite audit berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba, namun anggota komite audit perempuan berpengaruh signifikan positif terhadap manajemen laba.
HUBUNGAN KONDISI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DAN STATUS KEMISKINAN RUMAH TANGGA DI PROVINSI SULAWESI UTARA Wijayanto, Anton Tri
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 3 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i3.35883

Abstract

Abstract :Many local governments carry out rehabilitation programs for uninhabitable houses with the aim of poverty allevation. However, in implementation, sometimes those programs do not use the proper  concept, definition and standard operating procedure. Moreover, the lack of understading about  the relationship between the two variables could reduce the effectiveness of those programs. This study aims to exercise the correlation between uninhabitable houses and household poverty statuses in Sulawesi Utara Province by using secondary data from the Socio-economic Household Survey (SUSENAS) conducted by BPS in 2020. The data provide information on 8,350 respondents spreading across all regencies/cities in Sulawesi Utara Province. Using Chi Square Correlation Test Analysis, the uninhabitable status of the household house was correlated with  the poverty status of the household. The results of the study found that there is a significant positive correlation between the condition of uninhabitable houses and the poverty status of a household. However, the correlation is relatively quite weak The government can use uninhabitable houses data as the basic data in the rehabilitation program for uninhabitable houses. But it is necessary to carry out deeper verification of households target so that the program can be right on target.   Abstrak :Banyak pemerintah daerah melakukan program rehabilitasi rumah tidak layak huni yang bertujuan mengentaskan kemiskinan.  Namun dalam pelaksanaannya tidak disertai dengan konsep definisi serta standar operasional yang baku, bahkan tanpa mengetahui kelayakan korelasi antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara rumah tidak layak huni dengan status kemiskinan rumah tangga di Provinsi Sulawesi Utara. Menggunakan data sekunder hasil pendataan SUSENAS,BPS Tahun 2020 sebanyak 8.350 responden yang tersebar diseluruh Kabupaten/kota di Sulawesi Utara. Analisis Uji Korelasi Chi Square dilakukan terhadap variabel komposit status rumah tidak layak huni dengan variabel kemiskinan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan meskipun bersifat sangat lemah antara kondisi rumah tidak layak huni dengan status kemiskinan suatu rumah tangga.  Pemerintah bisa menggunakan data dasar RTLH ini dalam program rehabilitasi RTLH untuk pengentasan kemiskinan, namun perlu melakukan verifikasi lebih dalam terhadap calon rumah tangga penerima manfaat agar program dapat tepat sasaran.
PENGARUH SIKLUS KONVERSI KAS DAN KONDISI MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN PADA INDUSTRI JASA KONSTRUKSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2020 Putra, Rama Permana; Ugut, Gracia S.
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 3 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i3.35673

Abstract

Abstract:   This study was conducted to determine the effect of the cash conversion cycle and macroeconomic conditions on profitability and firm value in the construction service industry. This research was conducted in Jakarta involving 154 observations. Data collection was carried out by taking data from the financial statements of construction service companies listed on the Indonesia Stock Exchange from June 2015 to June 2020 as many as 14 companies. Data were analyzed by panel regression. The results of this study indicate that the cash conversion cycle (CCC) has a significant effect on profitability as measured by Return on Assets (ROA). The faster the cash conversion cycle, the higher the profitability. Meanwhile CCC has no significant effect on firm value when viewed from the ratio of Price to Book Value (PBV) and Price to Earning Ratio (PER). Based on macroeconomic conditions, measured using GDP Growth has a significant effect on ROA but does not have a significant effect on firm value when viewed from PER and PBV. The interest rate, which is also part of a country's macroeconomics, does not have a significant effect on ROA and PER but has a significant effect on PBV in this study.Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh siklus konversi kas dan kondisi makroekonomi terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan pada industri jasa konstruksi. Penelitian ini dilakukan di Jakarta dengan melibatkan 154 observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data laporan keuangan perusahaan jasa konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak bulan Juni tahun 2015 sampai dengan bulan Juni tahun 2020 sebanyak 14 perusahaan. Data dianalisis dengan regresi panel. Hasil penelitian ini menyatakan siklus konversi kas (CCC) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas yang diukur menggunakan Return on Assets (ROA). Semakin cepat siklus konversi kas maka profitabilitas meningkat. Sementara CCC tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan apabila dilihat dari rasio Price to Book Value (PBV) dan Price to Earning Ratio (PER). Berdasarkan kondisi makroekonomi, diukur menggunakan GDP Growth mempengaruhi signifikan terhadap ROA namun tidak berperngaruh signifikan terhadap nilai perusahaan apabila dilihat dari PER dan PBV. Untuk tingkat suku bunga yang juga merupakan bagian dari makroekonomi suatu negara, tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA dan PER namun memiliki pengaruh signfikan terhadap PBV pada penelitian ini
Anteseden Word Of Mouth pada Konteks Perguruan Tinggi Swasta: Studi Empiris Di Universitas Pelita Harapan Meranga, Isana S.C.
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 3 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i3.35676

Abstract

Abstract:  The number of Private Universities (PT) in Indonesia which reached 3,136 in 2018 and the downward trend in the number of student registrations since 2015-2019, as well as the ongoing covid pandemic situation, have potential for competition. PT is important to fight for and maintain competitive advantage by collaborating with stakeholders for the sustainability of PT. The purpose of this study was to see the effect of brand image, customer satisfaction, and consumer loyalty on word of mouth (WOM) behavior. This research is a quantitative research with data collection through questionnaires from respondents who are active students of Pelita Harapan University (UPH). Respondents in this study amounted to 180 respondents. Data processing in the study using PLS-SEM. The results of this study indicate that brand image has a positive effect on consumer loyalty, consumer satisfaction has a positive effect on consumer loyalty, consumer loyalty has a positive effect on WOM, brand image has a positive effect on WOM, and consumer satisfaction has a positive effect on WOM. Contributions to this research provide information and knowledge for service company managers, especially universities to make sustainable marketing decision-making strategies through brand strengthening and innovation improvement in increasing student satisfaction and loyalty.Abstrak:  Jumlah Perguruan Tinggi (PT) Swasta di Indonesia yang mencapai 3.136 di tahun 2018 dan tren jumlah pendaftaran mahasiswa yang menurun sejak tahun 2015-2019, serta situasi pandemic covid yang sedang berlangsung, berpotensi pada persaingan. PT penting untuk memperjuangkan dan mempertahankan keunggulan kompetitif dengan berkolaborasi dengan para stakeholder untuk keberlanjutan PT. Tujuan dari penelitian ini ingin melihat pengaruh citra merek, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen terhadap perilaku word of mouth (WOM). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dari responden yang adalah mahasiswa aktif Universitas Pelita Harapan (UPH). Responden pada penelitian ini berjumlah 180 responden. Pengolahan data pada penelitian menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, loyalitas konsumen berpengaruh positif terhadap WOM, citra merek berpengaruh positif terhadap WOM, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap WOM. Kontribusi pada penelitian ini memberikan informasi dan pengetahuan bagi pengelola perusahaan jasa khususnya Perguruan Tinggi untuk membuat strategi keberlanjutan pengambilan keputusan pemasaran melalui penguatan merek dan perbaikan inovasi dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas mahasiswa.
ANALISIS INDEKS KEPUASAN PELANGGAN DAN TINGKAT KEPENTINGAN UNTUK PENINGKATAN KINERJA KOPERASI KARYAWAN REPUBLIKA Sucipto, Rakhmat Hadi
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 3 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i3.38628

Abstract

Abstract :   Republika Employee Cooperative as a business entity is obliged to provide the best service to all its members. Satisfaction is one of the keys for cooperatives in designing strategies and still being able to operate in the midst of very tight competition. The purpose of this study was to identify the characteristics of the members of Kopkar Republika, to determine the members' responses to the attributes of Kopkar Republika, and to analyze the level of satisfaction of members of Kopkar Republika. Data collection techniques using a questionnaire method. Data analysis uses Important Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI). The results show that the majority of members have been with the cooperative for more than 12 years and the amount of their regular monthly expenditures is mostly below IDR 1.0 million. The average level of member satisfaction is still below the level of importance. The dimension of empathy which is represented by the friendliness of the management in serving members gives the best performance with an average level of 3.81, while the level of importance is 4.22. The overall level of member satisfaction is at a fairly satisfying level with a Consumer Satisfaction Index (CSI) score of 65.54%..  Abstrak :   Koperasi Karyawan (Kopkar) Republika sebagai badan usaha berkewajiban memberikan layanan terbaik kepada seluruh anggotanya. Kepuasan menjadi salah satu kunci bagi koperasi dalam merancang strategi dan tetap bisa beroperasi di tengah kompetisi yang sangat ketat. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik anggota Kopkar Republika, mengetahui tanggapan anggota terhadap atribut Kopkar Republika, dan menganalisis tingkat kepuasan anggota Kopkar Republika. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Analisis data memakai Important Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan, mayoritas anggota sudah lebih dari 12 tahun bergabung dengan koperasi dan besaran belanja rutin tiap bulan mereka kebanyakan di bawah Rp 1,0 juta. Rata-rata tingkat kepuasan anggota masih di bawah tingkat kepentingan. Dimensi empati yang diwakili oleh atribut keramahan pengurus dalam melayani anggota memberikan kinerja yang paling baik dengan tingkat rata-rata sebesar 3,81, sementara tingkat kepentingannya 4,22. Tingkat kepuasan anggota secara keseluruhan berada pada level cukup puas dengan skor Indeks Kepuasan Konsumen (CSI) sebesar 65,54%.
ANALISIS FAKTOR KAPABILITAS DINAMIS TERHADAP FIRM SURVIVE Soeparto, Wahyudi Henky
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 8, No 3 (2021): JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v8i3.36183

Abstract

Abstract: MSME has an important role towards Indonesian economy has proportion of 99,98% of entrepreneurs in Indonesia, the growth of MSME each year increase every year so competition become tight and new competitors tend to have new innovation towards their business. MSMEs needs appropriate action to overcome the keeps on changing environment so that business continuity is maintained and be able to compete superior with other competitors. The purpose of this research is to analyze dynamic capability factor towards business continuity in the fashion industry. This research uses quantitative research method with questionnaire as data collection. The sample that in this research is 120 entrepreneurs in the field of fashion. For data analysis methods, this research uses confirmatory analysis. The results of this research indicate that from indicators of dynamic capability variable, there are only a few that becomes the core indicators of survival in which of sensing, seizing and reconfiguration or transformation. these variables will form survival firm. Keywords: Dynamic Capabilities, firm survive, reconfiguration, seizing, sensing Abstrak: UMKM memiliki peran penting terhadap perekonomian Indonesia, memiliki proporsi sebesar 99,98% dari total keseluruhan pelaku bisnis di Indonesia, pertumbuhan UMKM juga meningkat tiap tahunnya sehingga persaingan menjadi ketat dan cenderung pesaing baru memiliki sebuah inovasi baru terhadap bisnisnya. UMKM perlu tindakan yang tepat untuk mengatasi lingkungan yang selalu berubah agar keberlangsungan usaha tetap terjaga dan mampu bersaing unggul dengan pesaing lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kapabilitas dinamis terhadap keberlangsungan usaha dalam bidang industri fesyen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai pengumpulan data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 pelaku bisnis dibidang fesyen. Untuk metode analisis data, penelitian ini menggunakan konfirmatori analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa indikator-indikator dari variabel kapabilitas dinamis hanya beberapa yang menjadi indikator inti dari firm survive dari variabel sensing, seizing dan reconfiguration atau transformation. Dimana variabel tersebut akan membentuk firm survivalKata kunci: Kapabilitas Dinamis, sensing, seizing, reconfiguration, firm survive. 

Page 1 of 3 | Total Record : 24


Filter by Year

2021 2021